Cetakan Lemper, Solusi Praktis Membuat Lemper

Di zaman yang serba canggih ini, kini semuanya bisa menjadi instan. Ada saja inovasi baru yang dihasilkan. Salah satunya ialah cetakan lemper. Kebanyakan orang takut atau malas untuk membungkus lemper. Hal itu disebabkan dengan keraguan akan ukuran lemper yang tidak sama maupun bentuknya yang tidak rapi. Tapi tidak perlu khawatir, kini dengan adanya cetakan lemper akan memudahkan anda dalam membuat lemper dengan ukuran dan bentuk yang sama dan tentunya enak dilihat.

 

Bahan dasar dari pembuatan cetakan lemper ini ada yang berbahan plastik dan ada juga yang berbahan aluminium. Bentuk dari cetakan lemper ialah persegi panjang dengan lubang-lubang yang lonjong serta lengkap dengan tutupnya yang berguna sebagai alat penekan. Cara menggunakannya tidak terlalu sulit. Sebelum anda gunakan, olesi terlebih dahulu cetakan dengan sedikit minyak sayur agar ketan tidak lengket di dinding cetakan.

 

Isi dengan ketan yang telah dikukus, sedikit ditekan lalu isi dengan ayam suwir atau sejenisnya sesuai selera anda kemudian tutup kembali dengan ketan. Tekanlah dengan menggunakan tutup atau penekannya agar bentuk lemper bagian atasnya menjadi rapi. Tekan dan padatkan lemper lalu keluarkan dari cetakan. Lemper dapat anda bungkus dengan daun pisang maupun plastik sehingga penampilan akan lebih cantik.

 

Selain untuk membuat lemper, alat ini juga dapat dipergunakan untuk membuat semar mendem. Hanya saja bagian kulitnya yang diganti dengan telur dadar tipis. Cetakan lemper dapat anda temukan dalam berbagai ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda. harganya pun relatif murah dari Rp.10.000 s.d. Rp.20.000.

 

(ria09)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s