Busana Muslim Timur Tengah

busana muslim timur tengahBusana Muslim Timur Tengah – Sentuhan gaya timur tengah akan selalu memilki bagian dalam trend berbusana muslim di setiap perkembangannya. Dapat dikatakan gaya busana timur tengah adalah dasar konsep dari busana muslim itu sendiri. Penduduk timur tengah selalu berbusana dengan menutup seluruh tubuh bahk

 

an ada yang mengenakan cadar, sebuah kain penutup muka.  Hal ini lah yang membuatnya satu konsep dengan busana muslim. Hanya bagian telapak tangan, telapak kaki dan muka yang terlihat, bagi para wanitanya.

Bagian-bagian dari fashion gaya timur tengah yang mulai masuk dan mempengaruhi trend busana muslim di negeri ini misalnya adalah celana longgar. Celana dengan potongan lebar namun mengecil di bawah ini mngeadopsi dari bentuk celana yang dipakai oleh putri Jasmin (pasangan Aladin) dalam sebuah dongeng seribu satu malam yang berlatar belakang negeri Timur Tengah. Celana model seperti ini mulai digemari pada awal 2011, dipadukan dengan kerudung lapis dan tunik sebatas lutut atau kurang.

Busana Muslim Timur Tengah

Sebutlah pashmina, sebuah selendang lebar panjang yang dialih fungsikan menjadi kerudung, merupakan bagian dari gaya busana penduduk timur tengah. Pashmina ini digunakan sebagai busana casual sehari-hari oleh para wanita disana. Masuk ke Indonesia dan mulai menjadi trend kerudung yang  digunakan sejak tahun 2005. Berbagaia corak dan modifikasi dari bentuk pashmina tersedia di pasar. Cirinya dalah berbentuk persegi panjang dan tidak memiliki pet, inilah yang membedakan pashmina dengan kerudung instant (bergo) dan kerudung segitiga yang lebih dahulu sudah menjadi trend.

Pada awal tahun 2010, ciput (dalaman kerudung) arab mulai digemari. Berbentuk mirip bandana namun lebih lebar dan lebih panjang. Dipadukan dengan kerudung model pashmina maka akan mendapatkan busana dengan gaya timur tengah yang sangat kental. selain dipadukan dengan pashmina ciput arab ini juga menawan dipadukan dengan kerudung segitiga dan bergo untuk menutup anak-anak rambut yang ada di dahi sehingga menambah kerapian penampilan.

Model baju muslim gamis, yang berupa gaun memanang dari leher ke mata kaki juga merupakan adopsi dari gaya busana timur tengah. Di negara-negara timur tengah, hampir semua penduduknya mengenakan gamis, baik laki-laki maupun perempuan, busana tersebut disebut kaftan.  Yang membedakan adalah gamis untuk trend busana muslim di negara kita lebih bayak variasinya. Beberapa bahkan dibuat dengan siluet yang cukup kecil atau hampir body shape, berbeda dengan gamis-gamis keseharian dai tempat asalnya. Terakhir yang paling update adalah adopsi busana Kaftan secara keseluruhan dalam trend busana muslim.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s