Dampak sepatu bagi kesehatan

Dampak sepatu bagi kesehatanDampak sepatu bagi kesehatan – Banyak orang yang beranggapan kalau sepatu flat itu adalah sepatu paling aman untuk digunakan? Para pemerhati penyakit kaki menyimpulkan bahwa sekitar 75 persen orang khususnya para wanita menderita masalah pada kaki beberapa kali dalam hidup. Para ahli pun menyimpulkan jika tidak ada sepatu yang 100 persen aman, setiap sepatu dan semua jenis sepatu memiliki bahaya nya masing-masing.

Berikut  ini fizare.com akan sedikit memberikan informasi tentang bahaya apa saja yang bisa mengintai anda dengan sepatu pilihan anda.

1. Flat shoes

Flat ShoesBahaya: Karena tidak adanya bantalan di kaki, flat shoes cenderung meningkatkan lengkungan pada telapak kaki, dan sakit ketika harus mengenakan high heel shoes. Bahkan, flat shoes dapat menyebabkan tumit pecah-pecah, dan masalah pinggul.

Cara mengatasi: Lakukan variasi dalam memakai sepatu dari high heel hingga flat. Gunakan krim pelembut ketika gejala pecah-pecah pada tumit muncul. Gunakan bantalan sepatu agar kaki menjadi lebih nyaman.

 

2. Pump shoes

Sepatu pump klasikBahaya: Pump shoes menciptakan tekanan pada kulit jari-jari kaki yang dapat melukai kulit.

Cara mengatasi: Gunakan bantalan kaki atau sol yang ringan dan dapat mendistribusikan tekanan pada kaki. Selain itu, gunakan selalu batu apung untuk menggosok kulit tebal pada kaki. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bedak anti jamur atau anti bakteri untuk mencegah infeksi.

 

3. Sneakers

Bahaya: Ketidakstabilan disebabkan oleh sepatu yang terlalu flesibel. Kanvas tidak mlindungi kaki dengan benar dan menyebabkan kurangnya dukungan pada bagian tumit.

Cara mengatasi: Batasi penggunaannya dan jangan memakainya untuk berolahraga. Pilihlah sol yang tidak memutar dan memiliki heels sedikit.

 

4. Wedges

Sepatu model platform wedgesBahaya: Wedges memiliki sifat tebal dan kaku sehingga membatasi gerak

kaki dan dapat memengaruhi keseimbangan.

Cara mengatasi: Pilih ankle strap wedges agar keseimbangan tercipta.

 

5. Boots

Bahaya: Sirkulasi udara tidak bekerja dengan baik di sekitar kaki sehingga menciptakan area yang lembab dan menjadi tempat yang sempurna untuk tumbuhnya jamur.

Cara mengatasi: Gunakan kaus kaki antimikroba.

 

6. Platform dan stiletto

Stiletto Rubi Stuart WeitzmanSepatu ini akan menciptakan tekanan pada otot betis sehingga kehilangan elastisitasnya. Selain itu, jenis sepatu ini juga dapat menciptakan munculnya bunions yaitu benjolan tulang di jempol.

Cara mengatasi: Lakukan variasi penggunaan sepatu, dari yang paling rendah hingga hak yang paling tinggi untuk melatih otot betis.

 

7. Sepatu balet

Bahaya: Jenis sepatu ini rata dengan tanah sehingga tidak ada tekanan di dalamnya. Terdengar tidak meletihkan tetapi kenyataannya jari-jari kaki akan sering mencakar tanah untuk menjaga sepatu berada di tempatnya.

Cara mengatasi: Gunakan sepatu balet untuk periode terbatas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s