sepatu berusia 5.500 tahun

sepatu berusia 5500 tahunArkeolog dari University College Cork, Irlandia mengklaim telah menemukan sepatu yang diperkirakan berusia 5.500 tahun. Sepatu tersebut ditemukan di gua Vayotz Dzor, Armenia, dekat dengan perbatasan Iran. Sepatu berukuran ‘4’ (ukuran sepatu di Eropa) yang diperkirakan digunakan oleh seorang wanita itu, terbuat dari kulit sapi dan diperkirakan berusia lebih tua dari Piramida Agung Giza. Anehnya sepatu tersebut ditemukan masih dalam kondisi sempurna. Kondisi alam, termasuk suhu di Armenia membuat sepatu tersebut masih bisa ditemukan dalam kondisi utuh.

“Ini adalah penemuan yang menakjubkan, kami pikir ini hanya berusia ratusan tahun tapi ternyata ini adalah sepatu tertua yang pernah ditemukan,” ujar Ron Pinhasi, arkeolog University College Cork seperti dilansir Telegraph, Jumat (11/6/2010).

Saat ditemukan, sepatu tersebut dipenuhi dengan rumput, tetapi tidak jelas apakah rumput tersebut memang digunakan untuk menjaga agar kaki hangat atau untuk mempertahankan bentuk sepatu dari kerusakan.

lebih lanjut, Dr Pinhasi mengutarakan, ketika materi yang ditemukan di sepatu diteliti oleh dua laboratorium radiokarbon di Oxford dan California, pihaknya baru menyadari bahwa sepatu itu lebih tua beberapa ratus tahun dari sepatu yang dikenakan oleh Otzi, alias masyarakat yang hidup di pegunungan Alpen. Otzi hidup sekitar 5.300 tahun yang lalu dan ditemukan pada tahun 1991 di Pegunungan Alpen Otztal, di perbatasan antara Austria dan Italia. Tidak banyak yang diketahui tentang orang-orang yang memakai sepatu itu namun diperkirakan yang menggunakan sepatu tersebut adalah beberapa petani awal atau suku nomaden yang hidup di gua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s