Dampak buruk sepatu high heels

Dampak buruk sepatu high heels bagi wanita

Dampak buruk sepatu high heelsHigh heels berkaitan erat dengan wanita. Mereka berpendapat bahwa dengan memakai high heels mereka akan tampil pecaya diri. Penampilan akan terasa kurang jika tidak memakai high heels. High heels juga membantu bagi para wanita yang bertubuh pendek untuk terlihat lebih tinggi. Mereka tidak peduli dengan dampak buruk yang akan terjadi jika terlalu sering memakai high heels tersebut. Bisa Anda lihat para model yang berjalan di stage dengan gaya lenggak lenggoknya sering ditemani high heels.

High heels dengan segala dampak buruknya ini dapat menimbulkan rasa nyeri. Walaupun demikian kaum hawa tetap saja rela menahan sakit ketika efek buruknya telah datang. Menurut dr.Nilla Mayasari MKes SpKFR, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, terlalu sering menggunakan high heels dapat mengakibatkan peradangan pada telapak kaki atau istilah medisnya Plantar Faciitis. Plantar Faciitis disebabkan karena peregangan yang berlebihan pada jaringan fascia di telapak kaki saat menggunakan high heels, terutama hak di atas 5 cm.

Selain itu rasa nyeri juga disebabkan oleh produksi protein yang dirangsang tubuh karena memakai sepatu hak tinggi  yang dapat menyebabkan melemahnya tendon di sekitar telapak kaki. Kondisi ini akan membuat cekungan telapak kaki menjadi datar yang seringkali memicu nyeri dan kesulitan berjalan.

Dampak buruk sepatu high heels yaitu perubahan bentuk kaki menjadi datar. Menurut Dr. Graham Riley, sepatu high heels sebenarnya tidak mendukung kaki. Kaki datar terjadi ketika urat otot pada kaki melemah oleh protein yang terjadi secara alami dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan lengkungan kaki jatuh, yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan kesulitan berjalan.

Sampai dengan  saat ini, kaki datar dapat diobati menggunakan sol atau perangkat pendukung didalam sepatu yang bisa menyangga cekungan telapak kaki dengan sempurna . Namun hal ini memerlukan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan posisi telapak kaki kembali normal. Dalam beberapa kasus, pasien harus menjalani operasi untuk membentuk kembali kaki mereka.

Bagaimana, masih berniat untuk sering memakai high heels? Disarankan untuk memakai sandal jepit disela pemakaian high heels karena dapat membuat kaki Anda beristirahat sejenak. (rni-jan08)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s