Cara Mengatasi Jerawat

Mendengar kata jerawat saja sudah bisa membuat risih dan ketakutan bagi sebagian orang. Maka dari itu banyak orang yang mencari cara mengatasi jerawat yang tidak mengakibatkan efek samping pada wajah. Jerawat biasanya tumbuh karena tingkat hormon yang berlebih atau juga bisa timbul karena faktor lain, seperti malas dalam memelihara kebersihan wajah. Selain itu jerawat juga bisa timbul karena kita sering memegang wajah kita disaat tangan kita dalam keadaan kotor. Atau juga bisa terjadi karena pengaruh kosmetik, gaya hidup dan juga faktor makanan yang kita konsumsi.

Timbulnya jerawat pada wajah tentu akan berdampak tidak bagus pada penampilan. Selain itu secara psikis kita juga akan merasa minder jika bertemu dengan orang lain, sehingga kita akan lebih cenderung untuk selalu menyendiri. Penyembuhan pada saat jerawat tumbuh di wajah kita tidak bisa dikatakan dapat disembuhkan dan dihilangkan dengan mudah. Terkadang kurangnya pengetahuan kita dalam cara mengatasi  jerawat membuat kita melakukan hal yang malah menambah parah jerawat itu sendiri, contohnya saja kita memencet jerawat diwajah kita dengan tangan. Padahal belum tentu tangan kita itu steril dari bakteri.

Ada beberapa cara mengatasi jerawat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan jerawat yang mulai bermunculan dan tumbuh di wajah Anda. Disini ada 2 metode dalam hal mengobati jerawat, yaitu pengobatan dari dalam dan pengobatan dari luar.

Pengobatan dari dalam:

  • Hindari makanan yang berlemak, hal ini disebabkan karena jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak akan menyebabkan timbulnya minyak yang berlebih dimana minyak itu akan menyumbat pori-pori terutama pori-pori di daerah wajah. Dan setelah itu akan terbentuk gumpalan yang mengandung bakteri dan berdampak pada timbulnya jerawat.
  • Mengkonsumsi makanan berserat adalah cara selanjutnya. Karena serat dapat menyerap kadar minyak yang ada pada tubuh manusia.
  • Sebaiknya Anda mulai sekarang lebih banyak minum air putih. Selain untuk membantu menyehatkan badan, air putih ini juga berfungsi mengendalikan jerawat tumbuh di wajah kita.

Pengobatan dari Luar:

  • Yang pertama Anda bisa menggunakan madu sebagai salah satu cara mengobati jerawat Anda, caranya dengan mengoleskan madu pada jerawat Anda.
  • Mentimun juga menjadi salah satu alternative untuk membersihkan wajah Anda dari jerawat. Fungsinya adalah mentimun akan mendinginkan kulit Anda yang meradang karena efek jerawat tersebut, selain itu juga mengangkat kotoran yang ada di wajah Anda.
  • Selain mentimun Anda juga bisa menggunakan buah papaya. Khasiatnya hampir sama dengan mentimun. Tapi pengobatan jerawat dengan papaya jarang dilakukan oleh orang-orang karena aroma yang ditimbulkan oleh papaya.
  • Dan cara mengatasi jerawat yang terakhir adalah dengan menggunakan putih telor. Putih telor sangat bagus untuk penyembuhan jerawat  dan digunakan sebagai masker. Anda bisa membuat masker dari putih telor dan memakainya di wajah sekitar 30 menit dan Anda akan merasakan perbedaannya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s