Lampu HID, Mengenal Jenis dan Manfaatnya

Jenis dan Manfaat Lampu HID

Lampu HIDLampu HID adalah salah satu jenis lampu mobil yang menjadi pilihan banyak orang. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan lampu ini? Istilah HID merupakan sebuah singkatan dari High Intensity Discharge atau lampu dengan intensitas cahaya yang tinggi. Lampu jenis ini sering juga disebut sebagai lampu Xenon. Lampu model ini menjadi sangat populer karena tingkat cahaya yang dihasilkan jauh lebih terang dibandingkan dengan lampu jenis lainnya seperti lampu halogen. Untuk lampu ini sendiri, satuan derajat Kelvin atau K dipergunakan untuk menyatakan tingkat keterangan lampu. Para pemilik mobil yang hendak menggunaan lampu HID hendaknya melakukan installasi khusus berupa Ballast, yang merupakan alat penstabil aliran listrik dan juga untuk mengendalikan voltase lampu. Tanpa adanya Ballast maka dikhawatirkan bahwa umur lampu tidak akan bertahan lama dan mungkin saja terjadi aliran arus pendek.

Iklan: untuk kebutuhan aksesoris mobil terlengkap hubungi 021-90360932 E-mail:info@kiosban.com

Untuk pilihan jenis lampu HID sendiri, kita bisa menemukan beragam pilihan yang berasal dari berbagai brand yang menawarkan berbagai pilihan warna dan juga kualitas yang sedikit berbeda satu dengan lainnya. Pada umumnya model atau jenis lampu ini dibedakan dengan kode angka mulai dari model H1, H3, H4, H11 dan seterusnya, namun untuk di tanah air sendiri, model lampu H4 adalah model lampu yang paling populer. Tidak hanya dipergunakan sebagai lampu mobil, jenis lampu ini juga dapat ditemukan dibeberapa jenis motor.

Saat memilih sebuah lampu mobil tipe HID, kita akan dihadapkan pada informasi berupa satuan Kelvin yang menyatakan tingkat keterangan atau cahaya yang dihasilkan. Beberapa ontoh diantaranya adalah 3000K  (menghasilkan cahaya kuning emas), 6000K (menghasilkan cahaya warna putih), 10000K (cahaya biru), 15000K (cahaya ungu) dan beberapa pilihan warna lainnya. Tidak hanya itu saja, ada juga model lampu yang menghasilkan warna spesial contohnya saja  green dan pink atau hijau dan merah muda. Berbagai pilihan warna lampu ini tentunya menjadi jawaban bagi para pemilik mobil yang hendak bereksperimen dengan lampu mobil yang mereka pergunakan. Melihat berbagai pilihan yang ada di pasaran, serta kualitas yang ditawarkan, tidak heran bila semakin banyak orang lebih memilih lampu HID.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s