Lampu LED Mobil di Dashboard Semakin Banyak dengan Arti yang Berbeda

Arti Lampu Indikator Mobil atau Lampu LED Mobil

Lampu led mobil dengan berbagai simbol yang terdapat di dashboard semakin banyak saja. Lampu-lampu kecil yang biasanya menggunakan LED berwarna-warni ini berfungsi sebagai indikator yang memberitahukan pengemudi tentang kondisi mobil dan kejadian-kejadian penting yang terjadi pada mobil. Walaupun ada standar bentuk simbol, namun peletakan lampu ini kadang-kadang sedikit berbeda antara satu mobil dengan lainnya. Pada mobil-mobil yang berteknologi tinggi, jumlah lampu indikator pada dashboard sangatlah banyak sehingga kadang-kadang membingungkan pengemudi, terutama pengemudi yang baru saja mengemudikan mobil tersebut. Jika Anda sedikit kesulitan untuk menghafalkan semua simbol-simbol itu, ada beberapa hal yang bisa membantu Anda untuk lebih mengenali lampu dan bertindak lebih cepat untuk keselamatan.

Sebelum mengenali simbol, kenalilah dahulu warna dari lampu indikator tersebut. Perbedaan warna pada lampu menunjukkan tingkat kepentingan dan peringatan. Pada umumnya, warna lampu led mobil memiliki arti yang sama dengan lampu lalu lintas. Warna yang pertama adalah warna hijau atau biru yang menunjukkan arti berjalan.Pada indikator di dashboard, lampu ini menunjukkan  bagian mobil yang sedang bekerja. Sebagai contoh lampu sein dan lampu jauh. Lampu kuning artinya hati-hati.Lampu berwarna ini menunjukkan bahwa ada sesuatu di mobil yang harus Anda perhatikan seperti bahan bakar yang hampir habis. Warna merah adalah tanda bahaya dan berhenti. Jika lampu berwarna merah menyala, segeralah periksa mobil Anda karena ada kondisi yang sangat penting dan bisa fatal jika tidak segera dilakukan perbaikan. Jika lampu merah menyala saat mobil sedang berjalan, segeralah menepi.

Usahakanlah untuk mengenali semua simbol-simbol yang ada di dashboard Anda. Penjelasan simbol-simbol ini terdapat pada buku petunjuk penggunaan mobil.Saat Anda menyalakan mobil, mungkin Anda mendapatkan beberapa lampu indikator menyala sebentar kemudian mati kembali. Anda tidak perlu panik jika itu terjadi karena hal itu bertujuan untuk menunjukkan kepada Anda bahwa lampu-lampu tersebut masih berfungsi dengan baik. Untuk hal-hal yang sangat penting dan fatal, lampu indikator menyala terus, biasanya berkedip dan disertai dengan suara alarm. Agar tidak terjadi hal-hal yang fatal, rajinlah untuk memperhatikan lampu led mobil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s