Lampu Sein Mobil Yang Perlu Anda Ketahui dan Manfaatnya

Pengertian Lampu Sein Mobil

Lampu Sein MobilLampu sein mobil merupakan komponen vital yang sangat penting bagi sebuah mobil. Mobil tanpa lampu yang berfungsi dengan baik tentunya dapat membahayakan pengemudi maupun pengendara lain, terutama saat berkendara pada malam hari. Selain sebagai sumber penerangan, lampu juga dapat berfungsi sebagai rambu bagi pengendara lainnya. Standarnya, sebuah mobil telah dilengkapi dengan beberapa lampu, seperti lampu utama, lampu kabin atau lampu belakang yang dapat menyokong mobilitasnya. Dan yang tidak kalah penting adalah lampu sein.

Iklan: untuk kebutuhan aksesoris mobil terlengkap hubungi 021-90360932 E-mail:info@kiosban.com

Lampu sein adalah bagian dari lampu sein mobil yang fungsinya sangatlah penting. Lampu ini berfungsi sebagai penunjuk arah untuk memberitahu pengendara lain apakah Anda akan belok kanan atau belok kiri, sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan. Mengingat pentingnya lampu sein, maka setiap kendaraan wajib memilikinya. Standarnya, lampu sein berwarna kuning terang, namun saat ini telah banyak dimodifikasi dengan warna lainnya. Sebenarnya warna kuning digunakan sebagai lampu sein karena warna kuning dapat terlihat jelas baik siang maupun pada malam hari. Dalam kondisi hujan lebat atau berkabut pun warna kuning masih dapat terlihat jelas dari kejauhan.

Selain sebagai indicator untuk berbelok, lampu sein yang dinyalakan secara bersamaan berfungsi sebagai emergency lamp. Misalnya saat mobil berhenti atau saat akan parkir di suatu tempat. Cara menyalakan lampu sein mobil secara bersamaan yaitu dengan menekan tombol hazard. Lampu hazard ini juga dapat digunakan sebagai indicator jika kendaraan di depan Anda mengerem mendadak, sehingga pengendara di belakang Anda dapat mewaspadai agar tidak terlalu dekat dengan mobil Anda. Namun demikian, lampu hazard tidak boleh digunakan saat hujan, cuaca berkabut  atau saat iring-iringan, karena pengendara lain tidak dapat mendeteksi jika Anda akan berbelok sehingga sangat berbahaya. Itulah manfaat lampu sein mobil yang sangat penting untuk dipahami. Lampu adalah bahasa komunikasi di jalan raya, sehingga sudah  seyogyanya masyarakat mengetahuinya. Tentunya berkendara di jalan raya akan menjadi lebih nyaman dan aman apabila semua orang sudah mengetahui dan memahami manfaat lampu sein mobil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s