Penggunaan Lampu Hazard Mobil yang Wajib Diketahui

Aturan dalam Penggunaan Lampu Hazard Mobil

Penggunaan Lampu Hazard Mobil

Penggunaan lampu hazard mobil merupakan salah satu aturan yang bersifat internasional artinya dimanapun Anda berada, penggunaan lampu hazard ini memiliki makna yang sama. Dalam aturan internasional, penggunaan lampu hazard atau berkedipnya lampu sinyal yang memberi isyarat untuk belok kanan atau kiri (lampu sein kanan dan kiri) secara bersamaan hanya bisa dilakukan untuk kondisi hazard atau kondisi darurat dan berbahaya saja dan bukannya dipergunakan untuk memberi isyarat bahwa kendaraan tersebut akan melaju lurus disebuah perempatan. Kode lampu hazard ini berupa sebuah tombol dengan simbol segitiga merah yang akan ditemukan di bagian dashboard setiap kendaraan.

Iklan: untuk kebutuhan aksesoris mobil terlengkap hubungi 021-90360932 E-mail:info@kiosban.com

Bila kita melihat aturan internasional untuk penggunaan lampu hazard mobil, maka kita akan melihat bahwa lampu ini hanya boleh dipergunakan saat:

  • Sebuah kendaraan sedang mogok dan harus berhenti di tengah jalan atau di bahu jalan. Alasan penggunaan lampu hazard pada situasi ini adalah untuk memberi tahu pengemudi lain untuk mengantisipasi adanya kendaraan yang sedang berhenti.
  • Ada keadaan darurat seperti kendaraan medis atau ambulance yang sedang membawa pasien
  • Sebuah kendaraan berat atau kendaraan pengangkut barang sedang mendaki tanjakan atau menuruni turunan. Hal ini merupakan sinyal pemberitahuan kepada pengemudi di belakangnya agar lebih waspada
  • Sebuah mobil sedang berada dalam jalur yang berkelok-kelok dimana pengemudi dibelakang tidak bisa melihat dengan jelas ke arah depan. Sekali lagi fungsi lampu ini adalah pemberitahuan agar pengemudi dibelakang agar lebih berhati-hati.

Selain pada kondisi tersebut, sangat tidak dianjurkan untuk menyalakan lampu hazard. Lampu ini juga tidak boleh dinyalakan saat hujan turun karena justru cahayanya yang berwarna kuning akan sangat menyilaukan pengemudi kendaraan yang lain dan bisa memicu terjadinya kecelakaan. Banyak sekali pengemudi mobil yang belum memahami dengan betul aturan-aturan ini dan bahkan menggunakannya untuk tujuan lain yang sebenarnya melanggar aturan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi semua pengendara mobil untuk mencari tahu berbagai informasi tentang keamanan dan keselamatan berkendara, salah satunya adalah mengenai penggunaan lampu hazard mobil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s