Pentingnya Lampu Kabut bagi Keselamatan

Sebenarnya apa Pentingnya Lampu Kabut bagi Pengendara?

Pentingnya Lampu KabutPentingnya lampu kabut bagi keselamatan adalah hal yang sudah diakui oleh semua orang. Lampu kabut atau yang sering juga disebut dengan nama fog lamp adalah sebuah sistem penerangan lampu khusus yang dipergunakan saat kabut sedang turun. Lampu ini pada umumnya dipergunakan saat jarak pandang sang pengemudi sangat terbatas karena kabut yang sangat tebal atau bisa juga karena hujan yang turun sangat deras. Lampu kabut ini akan bisa menembus semua gangguan tersebut dan bisa memberikan tingkat visibilitas yang lebih baik kepada pengemudi mobil dan akan membantu menghindarkan dari terjadinya kecelakaan.

Iklan: untuk kebutuhan aksesoris mobil terlengkap hubungi 021-90360932 E-mail:info@kiosban.com

Melihat begitu pentingnya lampu kabut bagi keselamatan berkendara, maka penting sekali untuk memasang lampu seperti ini pada setiap mobil.  Pada umumnya, ada dua posisi lampu kabut yang umum ditemukan pada berbagai jenis mobil, mulai dari lampu kabut yang menyatu di bagian bumper depan mobil dimana lampu ini dipasang oleh parbik mobil itu sendiri atau bisa juga lampu kabut yang dipasang oleh pemiliknya sendiri, baik di atap atau di moncong mobil. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan lampu kabut adalah posisinya itu sendiri. Sangat dianjurkan untuk memasang lampu kabut agar bisa mengarah ke sudut bagian bawah jalan. Hal ini akan memberikan tingkat visibilitas yang lebih baik serta mengurangi kemungkinan lampu tersebut akan menyilaukan pandangan pengemudi lain.

Lampu kabut pada umumnya memiliki warna dasar yang berwarna kuning. Berdasarkan hasil penelitian, warna kuning terbukti lebih mampu untuk menembus berbagai rintangan seperti kabut atau air hujan. Mobil-mobil yang harus memiliki jenis lampu seperti ini adalah mobil-mobil yang dipergunakan untuk olahraga ekstrim, mobil angkutan barang, mobil angkutan umum terutama mobil yang bepergian jarak jauh dan sering melakukan perjalanan malam hari serta mobil pribadi yang sering dipergunakan keluar kota. Lampu yang sering dipergunakan untuk lampu kabut ini adalah lampu HID atau lampu xenon karena daya visibilitasnya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan lampu halogen. Keselamatan berkendara meliputi banyak sekali hal dan salah satunya adalah pemahaman tentang pentingnya lampu kabut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s