Pentingya Lampu Rem Mobil

Lampu Rem Mobil Harus Berfungsi dengan Baik

Lampu Rem Mobil

Lampu rem mobil ibarat mata yang sangat penting untuk penglihatan. Oleh karena itu, kondisi lampu harus dicek secara rutin agar fungsinya dapat maksimal. Lampu pada mobil pun beragam, mulai dari lampu utama atau headlamp, lampu sein, lampu kabin, hingga lampu rem. Lampu rem terletak di bagian belakang mobil dan kegunaannya sangatlah penting dan sangat vital, karena apabila tidak berfungsi dapat membahayakan pengendara lain. Sudah banyak kasus kecelakaan yang terjadi di jalan raya hanya karena fungsi lampu rem tidak maksimal. Terlebih pada saat hujan atau berkabut, peran lampu rem ini sangat dibutuhkan.  Karena apabila tidak ada lampu rem, maka pengendara di belakang bisa saja menabrak kendaraan di depannya saat mengerem mendadak.  

Iklan: untuk kebutuhan aksesoris mobil terlengkap hubungi 021-90360932 E-mail:info@kiosban.com

Sesuai fungsinya, salah satu bagian dari lampu rem mobil ini bermanfaat untuk memberikan indikasi saat Anda sedang melakukan pengereman pada mobil Anda. standarnya, lampu rem berwarna merah terang. Mungkin Anda bertanya, mengapa lampu rem atau lampu belakang kendaraan, baik itu motor maupun mobil didesain berwarna merah? Lampu ini didesain berwarna terang, agar dapat dilihat dengan jelas dari kejauhan, bahkan saat berada diantara kendaraan lainnya. Teorinya, mata manusia normal dapat menangkap spektrum warna antara 400 hingga 700 nm, namun ada beberapa orang yang mampu menangkap warna 380 hingga 780 nm. Semakin besar spektrum warna, maka akan semakin mudah untuk ditangkap oleh mata dari kejauhan dan semakin sedikit dihamburkan oleh atmosfer. Warna merah sendiri memiliki spektrum warna 620-750 nm, sehingga tidak salah jika warna ini dijadikan standar warna pada lampu rem.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa lampu rem mobil merupakan komponen vital bagi mobil untuk menunjang keamanan dalam berkendara. Untuk itu, Anda harus rutin mengecek kondisi lampu rem agar dapat berfungsi dengan baik. Bisa dibayangkan apabila mobil melaju dengan kecepatan tinggi lalu mengerem mendadak. Tanpa adanya rem mobil, maka bisa jadi kendaraan yang sedang melaju di belakang Anda tidak sempat menghindar sehingga terjadi kecelakaan. Mengingat pentingnya lampu rem mobil, sudah seyogyanya masyarakat mengerti benar tentang fungsi lampu rem mobil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s