Lampu Mobil dengan Pilihan Warna yang Tepat

Warna Pada Lampu Mobil

Lampu Mobil

Lampu mobil dibagian depan atau biasa disebut dengan headlamp sering menjadi sasaran modifikasi mobil. Yang biasa dilakukan adalah mengganti warna lampu mobil dengan tujuan mempercantik mobil dan juga mendapatkan sinar lampu yang lebih terang agar jalanan terlihat dengan lebih jelas. Mempercantik dan meningkatkan kualitas lampu adalah hal yang sah, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama dalam hal keselamatan berkendara di jalanan umum dan juga keselamatan pada kondisi khusus. Ada beberapa aturan yang harus Anda mengerti dan patuhi agar Anda mendapatkan manfaat dari penggantian lampu dan pengguna jalan lainnya tidak terganggu oleh Anda.

Warna lampu yang umum tersedia di pasaran ada 4 yaitu kuning, putih kekuningan, putih bersih, dan putih kebiruan. Ada pula lampu yang bagian penutupnya diberi warna-warna lain seperti hijau, merah, dan ungu. Warna yang bisa digunakan untuk lampu mobil bagian depan adalah keempat warna yang umum digunakan sedangkan warna-warna lain tidak boleh digunakan untuk mobil yang digunakan di jalanan umum. Alasannya adalah kurangnya daya tembus cahaya sehingga memperpendek jarak pandang. Selain itu, warna hijau, ungu, dan warna aneh lainnya kurang dikenali oleh pengguna jalan dan kurang terlihat disaat hujan atau udara berkabut. Warna merah juga tidak boleh digunakan karena akan menyerupai lampu rem sehingga membuat bingung pengguna jalan lainnya.

Dalam memilih satu dari keempat warna umum lampu depan, warna putih kekuningan dan putih bersih adalah warna yang sesuai untuk berbagai keadaan karena daya tembusnya yang cukup baik disaat hujan atau berkabut dan cukup terang pada keadaan biasa. Lampu berwarna kuning memang memiliki daya tembus yang baik tetapi kurang terang pada kondisi biasa. Lampu kuning biasanya digunakan untuk lampu kabut. Lampu putih kebiruan terlihat begitu terang, cantik, dan modern tetapi daya tembusnya kurang pada saat hujan. Jika ingin menggunakan warna putih kebiruan, pastikan bahwa lampu kabut Anda selalu dalam kondisi prima sehingga Anda tidak akan mengalami masalah disaat hujan deras atau kondisi udara berkabut. Jangan lupa untuk mempertimbangkan warna mobil Anda saat memilih warna lampu mobil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s