Lampu Mobil Dirawat dengan Perhatian Khusus saat Musim Hujan

Lampu Mobil di Saat Musim Hujan

Lampu MobilLampu mobil memerlukan perawatan yang khusus saat musim hujan. Yang membedakan musim hujan dengan musim kemarau tentunya adalah kondisi cuaca yang lebih lembab, kondisi basah saat hujan, suhu yang lebih dingin, dan lumpur. Kondisi seperti ini bisa membuat lampu mobil cepat kotor karena udara yang lembab dan permukaan lampu yang basah setelah hujan membuat debu mudah menempel di permukaan lampu. Suhu yang dingin bisa menyebabkan pengembunan pada lampu sehingga sinar yang dihasilkan berkurang. Adanya lumpur dijalanan bisa terciprat dan mengotori lampu. Selain menghalangi sinar, lumpur juga bisa menyebabkan tampilan yang begitu jelek pada lampu.

Lampu harus lebih sering dibersihkan pada musim hujan, terutama setelah mobil kehujanan. Bagian luar dapat dicuci dengan shampoo mobil seperti saat mencuci mobil. Setelah itu gunakan wax untuk membersihkan, mengkilatkan, dan memberi perlindungan pada permukaan lampu. Jangan biarkan lampu kotor untuk waktu yang lama, terutama jika terkena lumpur. Saat membersihkan lumpur dan debu, jangan gunakan lap kering karena bisa menyebabkan baret. Siram dengan air dan gunakan lap microfiber yang telah dibasahi dengan air. Jika lampu mobil berembun, artinya ada uap air dalam lampu. Buka lampu dan lepaskan bola lampunya. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan bagian dalam lampu dan menghilangkan uap air di dalamnya. Pasang kembali bola lampu dan pastikan tidak ada celah sehingga uap air tidak bisa masuk ke dalam lampu. Lakukan hal ini saat siang hari yang cukup panas.

Di musim hujan, semua lampu harus berfungsi dengan baik dan menyala dengan terang karena hujan yang deras dan cuaca yang mendung bisa mengurangi jarak pandang. Lampu yang menyala dengan baik akan membantu Anda untuk melihat keadaan di depan dengan lebih jelas dan memberikan peringatan pada pengguna jalan lain. Pastikan bahwa mobil selalu dalam kondisi prima sebelum Anda pergi. Jika Anda merasa lampu kurang terang, carilah penyebabnya dan lakukan perbaikan. Jika ingin mengganti lampu depan, hindari warna kebiruan karena daya tembusnya pada kabut rendah. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan teratur pada lampu mobil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s