Lampu Mobil yang Redup Dapat Diatasi dengan Beberapa Cara

Lampu mobil Harus Selalu Berfungsi dengan Baik

Lampu mobil

Lampu mobil memiliki fungsi yang sangat vital saat berkendara. Di malam hari, lampu utama mobil digunakan untuk menerangi jalan sehingga jalan dan hal-hal yang ada disekitarnya bisa terlihat dengan jelas. Di siang hari, lampu sangat dibutuhkan disaat kondisi hujan, ada kabut, atau ada kondisi udara lain yang membuat jarak pandang berkurang. Lampu juga dapat dikedipkan untuk memberi peringatan pada pengguna jalan lain jika ada hal yang bisa membahayakan. Namun, ada saatnya lampu menjadi redup sehingga tidak bisa berfungsi seperti seharusnya. Hal ini sangat membahayakan karena daya pandang supir yang kurang bisa menyebabkan supir tidak bisa mengemudikan mobil dengan baik dan mengakibatkan kecelakaan. Jika hal ini terjadi pada Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Reflektor yang kusam  biasanya menjadi penyebab utama meredupnya lampu. Disarankan untuk mengganti reflektor lampu. Namun harus berhati-hati saat membeli reflektor karena banyak produk palsu di pasaran yang justru membuat cahaya tidak fokus. Pengkabelan dan soket yang tidak sesuai dengan jenis lampu adalah penyebab yang kedua.Hal ini biasa terjadi jika lampu mobil diganti dengan lampu yang berdaya lebih besar sedangkan pengkabelan asli mobil yang hanya dirancang untuk lampu berdaya kecil tidak diganti. Akibatnya kabel dan soket menjadi sangat panas sehingga meleleh. Gantilah pengkabelan kabel sesuai kebutuhan lampu dan pilih soket keramik. Hal ketiga yang meredupkan lampu adalah kaca mika yang menjadi kusam dan kekuningan sehingga cahaya lampu tertahan. Gantilah kaca mika lampu. Salah satu sikring longgar atau putus adalah hal keempat yang bisa menyebabkan lampu meredup.

Jika Anda merasa lampu Anda masih kurang terang setelah mengganti bagian yang disebutkan diatas, berarti bola lampunya yang memang tidak terang. Gantilah bola lampu Anda dengan yang berdaya lebih besar. Namun, semakin besar daya lampu, akan semakin besar panas yang dihasilkan. Sebaiknya Anda menggunakan lampu HID atau lampu LED yang bersinar lebih terang dengan daya yang cukup kecil sehingga tidak panas. Walaupun harganya lebih mahal, kebutuhan listrik lebih kecil dan lampu lebih awet sehingga Anda bisa mendapatkan kepuasan dari lampu mobil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s