Jenis Murai Batu Yang Biasa Dikoleksi Di Indonesia

Jenis Murai Batu yang Sangat Baik untuk Dikoleksi

Jenis murai batu ada berbagai macam dan Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki spesies murai batu paling banyak dan paling lengkap di dunia. Burung yang digemari karena kicauan serta postur tubuhnya yang gagah ini memang sedang digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya para pecinta burung hias. Dari berbagai spesies murai batu yang ada di tanah air, hanya beberapa jenis saja yang bisa dipelihara menjadi burung koleksi. Beberapa jenis lain termasuk ke dalam binatang yang dilindungi sehingga tidak disarankan untuk dimiliki karena bertentangan dengan hukum. Adapun persyaratan khusus burung murai batu yang layak untuk dikoleksi adalah memiliki suara kicauan yang gacor, kondisinya sehat, serta memiliki postur dan tubuh yang tegap.

Jenis Murai Batu

Jika Anda bingung memilih jenis murai batu yang cocok untuk dikoleksi, maka berikut ini adalah dua jenis murai batu yang paling banyak dikoleksi oleh penghobi burung murai di Indonesia: 

  • Burung murai batu medan

Dianggap sebagai salah satu murai batu paling indah dan paling merdu di Indonesia, jenis murai batu yang satu ini memang menjadi primadona tersendiri bagi para penghobi burung hias tanah air. Burung murai batu medan sangat cocok untuk dikoleksi sebab memiliki suara kicauan yang sangat merdu dengan suara yang lantang dan panjang. Murai batu medan juga memiliki bulu dengan warna yang sangat indah serta ekor panjang dan badan yang tegap. Keindahan suara serta postur tubuh dan warna yang bagus inilah yang menyebabkan murai batu medan menjadi salah satu jenis murai dengan harga yang mahal di Indonesia.

  • Murai batu Nias

Jika Anda menginginkan murai batu yang gampang dimastering dan mudah diajari berkicau, maka murai batu Nias adalah burung peliharaan yang sangat cocok untuk Anda. Murai Batu Nias dikenal sebagai burung yang sangat cerdas diantara spesies murai – murai batu lain di Indonesia. kecerdasan murai batu Nias nampak pada kecepatan dan daya serap murai batu Nias jika mendengar suara kicauan atau suara – suara disekelilingnya. Jadi jika Anda ingin memelihara murai batu, pilih saja satu diantara kedua jenis murai batu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s