Diet Sehat untuk Si Ibu Menyusui

Tips dan cara menurunkan berat badan agar kembali ideal saat menyusui.

Diet Sehat untuk Si Ibu Menyusui

Diet Sehat untuk Si Ibu Menyusui

Banyak ketakutan wanita yang di rasakan sebelum maupun sesudah melahirkan, apalagi bagi wanita karir produktif yang sangat memperhatikan penampilan sehari-hari. Untuk itu kali ini akan di bahas tentang bagaimana Cara diet sehat untuk si Ibu Menyusui. Diet yang sehat dan aman tentu saja penting karena setelah melahirkan pun wanita harus tetap memberi asupan gizi yang seimbang untuk bayi yaitu melalui ASI. Maka dari itu meski akan melakukan penurunan berat badan, perlu juga di barengi dengan cara diet sehat setelah melahirkan agar tidak berdampak buruk terhadap bayi.
Beberapa Tips dan Cara yang dapat di lakukan untuk menurunkan berat badan agar kembali ideal saat menyusui adalah :
1. Pola Makan Teratur
Pola makan teratur sangat berperan penting dalam diet sehat karena disiplin jam makan akan berpengaruh pada metabolisme tubuh anda. Dalam beberapa diet, anda dapat memilih penyesuaian jam makan, namun kebanyakan orang menghindari makan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi di malam hari. Apabila anda masih menyusui namun ingin mengembalikan kondisi berat badan anda agar langsing seperti sedia kala, maka makanlah buah-buahan segar agar bayi anda tetap memiliki asi yang baik untuk di minum.
2. Olah Raga
Salah satu hal yang sulit di lakukan seorang ibu muda adalah Olah Raga, padahal Olah Raga sangat penting dalam mengembalikan kesegaran tubuh. Namun bukan berarti setelah anda melahirkan, anda harus berolah raga berat, tentu saja ini akan dilarang oleh dokter anda. Namun yang anda perlu lakukan hanyalah olah raga senam kecil dan peregangan yang tidak membutuhkan banyak tenaga namun membuat tubuh anda bergerak.
3. Pilih bahan makanan sesuai kandungan nya
Apabila anda masih menyusui namun ingin menghilangkan beberapa lemak di bagian tubuh anda, maka pilihlah bahan makanan yang tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat namun dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi anda dan bayi andaseperti gandum, kacang-kacangan maupun umbi-umbian.
4. Teliti cara masak bahan makanan
Teliti dalam mengolah bahan makanan juga penting, hindari memasak menggunakan minyak sayur yang di jual di pasaran atau makanan yang di olah dengan cara di goreng. Sebaiknya anda memakan makanan yang di oleh dengan di rebus atau di kukus, karena itu akan menghindari lemak jahat yang ada pada minyak yang anda gunakan untuk memasak.
5. Tidur Cukup
Mungkin hal ini yang paling sulit di lakukan oleh ibu muda yang baru saja memiliki anak dan masih menyusui. Yaitu tidur yang cukup. Pola tidur anda akan sangat mempengaruhi pola makan anda, sehingga apabila anda kesulitan memiliki jam tidur yang baik, maka mintalah bantuan daam merawat bayi anda, atau berbagilah tugas dengan suami anda dalam merawat bayi.

Begitu saja cara Tips dan Cara Diet Sehat untuk Ibu Menyusui yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat dalam menurunkan berat badan anda kembali menjadi normal seperti sebelum hamil dan melahirkan. Selamat Berusaha 

Ingin membaca artikel otomotif untuk wanita ? silahkan klik di sini :

Belajar Menyetir Mobil untuk Pemula

Karpet Mobil Comfort Premium untuk Mobil Keluarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s