Burung Murai dengan Tips Pemeliharaan yang Baik Dan Benar

Cara Benar dalam Merawat dan Memelihara Burung Murai

Burung murai adalah salah satu burung hias asli Indonesia yang sekarang sedang populer di kalangan penghobi burung tanah air. Burung ini terkenal dengan suara lantangnya yang sangat merdu serta digemari karena postur tubuhnya yang sangat cantik dan gagah. Meskipun burung murai termasuk jenis burung hias yang gampang sekali beradaptasi dengan lingkungan serta mudah jinak dengan pemiliknya, namun perawatan intensif tetap wajib dilakukan jika ingin burung peliharaan Anda tetap sehat dan cantik. Perawatan yang baik juga bisa membuat  kicauan burung peliharaan Anda tetap merdu dan nyaring.

Burung Murai

Perawatan burung pengicau cantik ini harus dilakukan secara disiplin setiap hari. Jadi usahakan Anda memperhatikan burung murai peliharaan setidaknya setiap hari atau jika tidak memungkinkan usahakan untuk merawat burung kesayangan Anda 5 kali dalam satu minggu. Perawatan yang intensif sangat diperlukan apalagi jika ingin burung kesayangan tetap sehat dan aktif berkicau. Perawatan dimulai pagi hari sekitar pukul 7 dimana Anda bisa mengangin – anginkan burung kesayangan di teras rumah selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu, mandikan burung dengan cara disemprot halus dengan menggunakan spray atau bisa juga dimandikan di keramba mandi. Bersihkan kandang dari kotoran dan tambahkan air minum. Untuk makanan pagi, berikan 4 ekor jangkrik. Penjemuran bisa dilakukan mulai pukul 8 pagi hingga 11 siang. Jangan dijemur lebih dari pukul 11 karena sinar matahari sudah terlalu panas dan menyengat. Penjemuran bisa meningkatkan birahi burung jantan sehingga akibatnya burung menjadi agak agresif, jadi penjemuran dilakukan terpisah dan jangan sampai burung jantan yang dijemur melihat burung betina.

Jangan terlalu lama dijemur sebab burung yang terlalu lama dijemur bisa naik birahinya. Penjemuran hanya boleh dilakukan antara 20 hingga 30 menit saja. Setelah dijemur sangkar dikerodong. Siang harinya hingga sore, burung bisa dimaster dengan menggunakan suara rekaman burung master. Pukul 15.00 burung bisa diangin-anginkan kembali dan dimandikan dengan spray jika cuaca sedang panas atau memang diperlukan. Beri makan sore berupa jangkrik 2 ekor. Petang hari burung kembali dikerodong sambil terus diperdengarkan suara master yang bisa membantu meningkatkan kemampuan kicau burung murai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s