Murai Batu Nias Yang Semakin Dicari Para Pecinta Burung Indonesia

Kepopuleran dari Burung Murai Batu Nias

Murai batu Nias merupakan salah satu spesies murai batu yang berasal dari sumatera tepatnya berasal dari Pulau Nias, Sumatera Barat. Di daerah asalnya, murai batu Nias ini disebut dengan nama Totohua atau Teteiko. Saat ini peminat burung murai batu Nias semakin banyak hingga permintaan terus mengalir dari para penghobi burung hias di seluruh Indonesia. Berbeda dengan murai batu lain yang cenderung memiliki warna cerah di bagian dada, murai batu Nias ditandai dengan warna hitam legam si sekujur tubuhnya tanpa ada warna oranye cerah khas murai batu lain. Penampilan ekor juga sedang dengan ukuran kipas yang besar.

Murai Batu Nias

Saat ini sudah ada banyak sekali murai batu Nias yang dijual dengan harga yang sangat tinggi. Hal ini merupakan akibat dari semakin banyak pemilik murai batu Nias yang mengikutsertakan burung kesayangannya di berbagai kontes dari mulai tingkat daerah hingga tingkat nasional. Bahkan  seekor murai batu Nias dengan predikat juara 1 kontes murai nasional di Jakarta dibanderol dengan harga yang lumayan fantastis yaitu mencapai 8 juta rupiah. Hal yang menjadikan murai batu Nias menjadi primadona baru adalah kecerdasannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan murai batu lain. Murai batu Nias cenderung lebih mudah mempelajari suara kicauan yang diajarkan oleh pemiliknya. Banyak sekali pemilik murai batu Nias yang merasa senang sebab proses mastering murai batu Nias lebih cepat dibandingkan dengan mastering murai batu lain. Murai batu Nias juga termasuk jenis burung yang bandel dan tidak mudah stress. Mental yang kuat ini ditandai ketika murai batu Nias yang sering dibawa kemana – mana atau sering dipindahkan untuk keperluan lomba dan penjualan tidak menunjukkan tanda – tanda stress sama sekali.

Untuk perawatan, murai batu Nias tergolong burung yang tidak manja dan tidak membutuhkan perawatan yang terlalu merepotkan. Cara perawatan yang biasa Anda praktekkan pada burung murai batu biasa juga bisa dipraktekkan untuk memelihara burung murai batu Nias. Namun yang harus Anda perhatikan adalah jadwal pemberian makanan yang harus selalu diatur agar tetap terjaga dan teratur. Jadi tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba memelihara murai batu Nias.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s