Murai Batu Ring Tangerang yang Siap Kontes

Murai Batu Ring Tangerang yang Bisa Anda Pilih untuk Lomba

Murai batu ring Tangerang merupakan burung hasil tangkaran yang sangat cocok digunakan sebagai burung kontes. Namun walaupun begitu, ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh seekor burung murai jika ingin memenangkan sebuah lomba. Meskipun murai hasil tangkaran tersebut berasal dari indukan yang berkualitas, namun murai yang dianggap belum siap lomba biasanya akan mudah kalah. Karenanya, Anda harus ekstra telaten dan sabar dalam memelihara burung klanggenan, merawat dengan baik, melatih, dan menunggu ketika murai tersebut sudah siap untuk berlomba. Namun bagaimana cara mengetahui apakah murai milik kita sudah siap lomba atau belum?

Murai Batu Ring Tangerang

Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berlomba, Anda bisa melihat dari ciri – ciri atau tanda fisik burung yang terlihat seiring bertambahnya umur murai kesayangan. Berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa burung murai Anda sudah layak untuk mengikuti lomba:

  1. Murai batu ring Tangerang yang sudah siap berlomba rata – rata berusia minimal 2 tahun. Usia 2 tahun adalah usia yang matang bagi burung murai. Hal ini ditandai dengan kesempurnaan bunyi kicauan dimana nada kicauan semakin jelas terdengar dan volume kicauan yang semakin tinggi dan panjang. Meskipun begitu, ada peternak yang baru percaya diri mengikutsertakan burung klanggenannya pada usia 3 tahun atau 2,5 tahun.
  2. Murai batu yang masih malu – malu sebaiknya tidak diikut sertakan dalam kontes atau lomba. Dalam lomba nantinya murai batu akan bertanding dengan puluhan bahkan ratusan burung lain serta banyak manusia yang lalu lalang sehingga mental yang giras, tidak takut dengan burung rival, serta tidak takut dengan kehadiran manusia menjadi hal yang penting untuk dimiliki.
  3. Murai batu yang siap lomba mampu mengeluarkan suaranya dimana saja dan tidak mudah stress. Jika dipindahkan dimana saja, murai batu yang siap kontes akan selalu mengeluarkan kicauan tidak perduli lokasinya.

Jika murai batu Anda sudah menunjukkan tanda – tanda seperti diatas, maka ini adalah waktu yang tepat bagi si burung untuk mengikuti kontes. Persiapkan sebaik- baiknya agar kemenangan bisa diraih oleh murai batu ring Tangerang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s