Murai Medan Primadona Murai Batu Indonesia

Keunggulan Murai Medan Dibandingkan Murai Batu Lainnya

Murai Medan, salah satu jenis burung murai batu yang dimiliki Indonesia. Sama seperti jenis burung murai batu pada umumnya, jenis Medan ini juga bersuara merdu, lantang, dan berirama. Bedanya, burung ini memiliki postur yang lebih baik, ekornya pun menjuntai panjang. Bisa dibilang dari banyaknya jenis tersebut, murai batu Medan inilah yang paling populer dan digemari. Bahkan karena harganya yang fantastis, burung ini dinobatkan sebagai maestronya burung lokal negara kita.

Murai Medan

Walaupun namanya Murai Medan, tapi sebenarnya burung ini ditemukan di Aceh serta beberapa daerah Sumatera Utara lainnya. Burung ini kemudian dipelihara termasuk dalam penangkaran dan mengalami persilangan. Wajar jika hasil anakannya semakin bagus saja. Di berbagai kejuaraan, murai batu Medan seperti competitor yang wajib ditakuti, ia selalu mengalahkan lawan-lawannya. Kekuatannya yang bukan hanya pada suara itulah keunggulannya.  Ia dengan postur tubuhnya yang sehat dan indah mampu berkicau bak penyanyi. Nafasnya panjang dan kicauannya itu berirama seperti sebuah lagu. Ia mahir bernyanyi mengikuti irama yang memancingnya. Mengarahkannya mudah, motivasinya tinggi, termasuk induk yang bagus pasti akan membuat harga jual burung ini selanjutnya lebih mahal dari pada ketika Anda membeli sebelumnya.

Membedakan murai batu Medan dengan yang lainnya dimulai dari ekornya. Panjang ekornya mencapai 25 cm-an. Ekor ini melengkung, tapi jika ekornya tidak begitu panjang maka ekornya lurus saja. Jika diibaratkan manusia, dibanding burung lainnya ia memiliki postur yang tegap dan besar. Bulunya tidak begitu mengkilap namun hitamnya kelam. Ketika terkena cahaya, akan terlihat warna biru yang cantik yang membias dari bulunya. Kakinya berwarna merah gelap, sedikit dewasa usianya, maka Anda akan mendapatkan sisi serta lekukan yang menyerupai belimbing pada kakinya tersebut. Semangat burung ini bisa Anda dapatkan ketika dia memainkan ekornya, mengipaskannya ke badan dalam memaki lawan kicaunya. Ia mampu mengeluarkan suara dasar dengan kicau yang keras dan besar. Burung berharga ini bisa menjadi investasi Anda selain sebagai peliharaan saja. Harga di  pasarannya sangat stabil namun meningkat pada waktu-waktu tertentu. Sungguh burung yang wajib Anda pelihara, murai Medan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s