Burung Murai Burung Terbaik yang Mudah Dirawat

Burung Murai Jenis Burung yang Gampang Adaptasi

Burung murai atau murai batu merupakan burung pilihan terbaik bagi Anda yang mencari burung dengan kicau terbaik. Anda akan merasa puas dengan suaranya begitu juga dengan keuntungan yang akan didapatkannya. Pintar merawatnya maka siap-siap saja Anda akan mendapatkan hadiah besar dalam setiap kontes. Kicau burung ini memiliki melodi yang burung lain tidak punya. Oleh karena itu, harga jualnya tergolong mahal karena keuntungan yang akan Anda dapatkan juga tak kalah besar. Bagi pecinta burung Indonesia, jenis Medan, Aceh, Lampung, Lahat, Jambi, dan Kalimantan merupakan pilihan jenis murai batu terbaik yang bisa Anda pelihara.

Burung Murai

Merawat burung murai tidak begitu susah. Anda cukup menempatkannya dalam kandang yang nyaman. Burung ini akan cepat jinak karena mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Memancingnya untuk bersuara juga mudah. Burung ini memiliki semangat atau motivasi tinggi dalam berkompetisi. Anda boleh menjemur burung ini namun tidak berlebihan, birahinya mudah sekali baik jika burung ini terlalu banyak makan dan dijemur. Setiap hari Anda bisa memandikannya setelah burung diangin-anginkan sekitar pukul 7 pagi. Dimandikannya cukup disemprot saja dengan semprotan yang lembut. Makanan dan minuman diganti setiap hari, begitu juga dengan kandangnya harus dibersihkan setiap hari. Jangkrik merupakan serangga yang wajib diberikan rutin setiap harinya, pagi 4 ekor dan sore 2 ekor. Sore hari juga boleh kembali dimandikan.

Membedakan jantan atau betina burung ini gampang saja, cukup lihat warnanya. Jantan akan terlihat lebih jelas dan mengkilap warna bulunya. Cari juga murai batu dengan lubang hidung yang paling dekat jaraknya dengan mata. Jangan pilih murai batu dengan paruh yang bengkok di bagian bawahnya. Burung ini memiliki bentuk kepala yang khas yaitu kotak. Matanya seperti memelototi, bulat dan besar. Lehernya panjang, jangan sampai Anda terkecoh.  Kakinya memiliki cengkraman yang begitu kuat dengan gerakannya yang lincah, ini meurpakan tanda burung tersebut sehat. Perhatikan juga bagaimana nafsu makannya, karena burung dengan mental yang baik psti makannya juga baik. Cara yang  begitu mudah untuk burung mahal, burung murai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s