Suplemen Obati Nyeri Haid, Aman dan Efektifkah?

Suplemen Obati Nyeri Haid, Penyebab Nyeri

Suplemen Obati Nyeri HaidSuplemen obati nyeri haid banyak ditawarkan di internet saat ini. Namun, apakah semuanya efektif mengatasi nyeri haid? Meski merupakan siklus yang hadir setiap bulan, namun banyak wanita yang sering mengalami rasa nyeri ketika siklus itu tiba. Menurut ahli kesehatan, rasa nyeri seperti itu dapat dikategorikan menjadi dua, yakni berbahaya dan tidak berbahaya. Tentunya, tidak akan menjadi masalah besar jika rasa nyeri yang timbul itu bukan disebabkan karena adanya gangguan yang membahayakan kesehatan, namun bagaimana jika penyebabnya adalah adanya suatu penyakit?

Ada banyak sekali penyebab rasa nyeri saat haid, namun secara garis besar ada empat penyebab yang umum ditemukan, yaitu:

  • Keram perut

Rasa sakit yang paling umum ditemukan pada wanita saat haid adalah keram atau kejang di bagian perut. Gangguan ini lebih sering ditemukan pada wanita muda karena ukuran rahim mereka cenderung lebih kecil.

  • Endometriosis

Ini adalah rasa sakit yang intens dan tajam yang terjadi ketika endometrium tumbuh di sepanjang rahim dan uterus.

  • Fibroid

Ini adalah suatu bentuk tumor yang jinak yang berada di dinding uterus. Meski tidak berbahaya, namun tumorini dapat menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan, mengganggu kesuburan hingga menyebabkan keguguran.

  • Pelvic Inflammatory Disease (PID)

Ini adalah salah satu jenis infeksi yang menyerang saluran reproduksi wanita. Infeksi ini dapat menyebabkan gangguan serius terutama sulit hamil.

Suplemen obati nyeri haid secara khusus dibuat untuk membantu wanita mengatasi berbagai gangguan tersebut. Namun, wanita harus mengetahui dengan pasti mana suplemen yang benar – benar bekerja dan aman dan mana yang tidak. Alasannya, karena saat ini banyak beredar produk suplemen yang mengaku dapat mengatasi nyeri haid, namun tidak memberikan informasi yang jelas mengenai komposisi bahan yang digunakan. Selain itu, jangan hanya tergantung kepada sebuah suplemen untuk obat nyeri haid Anda, karena pola makan dan makanan yang Anda konsumsi juga bisa mempengaruhi rasa nyeri pada haid. Pemilihan nutrisi dan asupan gizi juga perlu Anda perhatikan. Jadi, setelah pola makan dan asupan nutrisi sudah tepat, baru Anda dukung dengan suplemen obati nyeri haid.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s