Kandang Murai Batu Modal Penangkaran

Kandang Murai Batu Lahan Sempit Bukan Masalah

Kandang murai batu merupakan salah satu yang wajib diperhatikan pada burung populer ini agar bisa maksimal hasilnya. Burung sehat dan mampu bersuara bagus. menempatkan kandang sendiri bermacam-macam, namun bentuk penangkaran lebih diminati para pecinta burung. Burung bisa berinteraksi dengan burung lainnya. Anda pun bisa mempelajari bisnis. Sukses dengan kandangnya, artinya Anda mampu membuat burung berkembang biak lebih banyak sebagai bagian dari penangkaran dalam skala besar untuk burung berharga mahal tersebut.

Kandang Murai Batu

Sebagian besar yang menginginkan kandang murai batu seperti bentuk penangkaran memiliki masalah dengan lahan. Tidak jarang lahan di sekitar rumah sempit dikaji tidak memungkinkan. Namun, jika Anda sudah bulat ingin memulainya tidak ada yang tidak mungkin. Anda cukup pastikan saja bahwa lahan tersebut tidak banyak dilalui orang. Tidak juga dekat dengan sumber suara bising seperti pabrik atau jalan raya umum. Salah satu acuan ukuran kandang yang bisa Anda pakai adalah 90x80x180 cm untuk Panjang x Lebar x Tinggi. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan lahan sempit yang dimiliki dengan mengacu pada ukuran tersebut. Konstruksi sederhana dengan lubang pemantau yang ditutupi kaca hitam sebagai desain untuk breedingnya. Pastikan bahwa tempat tidak mudah dimasuki hewan seperti  tikus, kucing, hingga anjing. Burung yang sedang Anda tangkar tersebut bisa stress jika melihat keberadaan hewan tersebut di sekitarnya.

Sebagai dinding kandang, Anda tidak disarankan menggunakan semen. Hanya batu-bata ataupun batako saja yang telanjang tidak terbalut semen. Keadaan ini disarankan karena akan menjaga kelembaban dari kandang. Dasar atau lanta kandangnya pun disarankan dari agar diisi dengan pasir. Pasirnya boleh pasir yang biasa, boleh juga pasir pantai yang biasa digunakan untuk akuarium. Pasir ini nantinya yang akan menyerap kotoran burung tersebut termasuk baunya. Anda saat membersihkan gampang, karena kotoran sudah tercampur dengan pasir jadi tinggal mengaduknya saja.  Oleh karena itu, Anda tidak perlu melapisi semen pada alas yang akan ditempatkan pasir ini. Janga lupa pasang juga ram selain pintu kandangnya. Bagian atap lebih baik menggunakan asbes yang murah dan dengan mudah bisa Anda tutupi dengan kain atau terpal ketika hujan datang. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan untuk membuat penangkaran dasar kandang murai batu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s