Mesin Plotter Epson

Mesin plotter adalah printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta dan juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering. ada pun macam macam plotter seperti injekt plotter, plotter geber infinit, plotter mechano dan plotter final.
plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar atau grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka sebagai bentuk gambar akan disajikan secara prima.
head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna mebghasilkan gambar yang sebelum nya telah dirancang didalam mesin komputer. Secara umum bagian di dalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table top plotters (flatbad). Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menyelusuri permukaan kertas untuk menghasilkan gambar.
inkjet plotter merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan berbagai image dengan menggunakan semprotan tinta dari berbagai warna yang menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum serta semprotan dari tinta yang bersangkutan.
jenis – jenis plotter ada 5 macam yaitu :
– plotter pena, memiliki satu atau sejumlah pena berwarna untuk menggambar pada kertas atau plastik transparan, yang membentuk keluaran dalam bentuk garis. Keluaran plotter merupakan garis kontiyu.
– plotter elektrostatis, plotter ini kertas diletakan pada tempat datar seperti meja, lalu keluaran atau hasil cetakan dibuat seperti mesin foto copy yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas. Lalu tegangan listrik tersebut akan menarik tinta untuk melekat pada kertas. Tinta kembudian dicairkan dengan pemanasan. Kualitas plotter elektrostatis tidak sebagus plotter pena, tetapi kecepatan nya lebih tinggi dibandingkan dengan plotter pena.
– plotter thermal menggunakan suatu pin yang dipanaskan secara elektronis, kemudian pin itu dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas, sehingga berbentuk gambar.
– plotter pemotong berfungsi untuk vinyl, karet, gabus dll. Biasa digunakan pada industri sepatu atau industri pakaian, membuat pola dan memotong.
– plotter format lebar biasanya digunakan oleh perusahaan grafis karena mampu membuat cetakan berwarna yang sangat lebar.
fungsi dari plotter sering digunakan untuk pembuatan spanduk dan reklame dan bisa dipergunakan sebagai memotong kertas (cutting), memotong stiker. Plotter sama fungsi nya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar dan kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa.
kelemahan dari plotter : waktu pengerjaan nya yang dibutuhkan relatif lambat, cepat mengalami panas terutama pada pena yang digunakan untuk mencetak pada plotter, sulit untuk mencetak format kertas yang ukuran nya lebih kecil dan juga hasil nya tidak memuaskan, mudah menghabiskan tinta pada ink jet plotter karena mencetak dalam format ukuran lebar.
kelebihan dari plotter : mencetak halaman kerja dengan sekala besar, hasil dari cetakan plotter lebih bagus dan tidak mudah pecah, dapat mencetak pola seperti bahan vinyl, karet, gabus, kulit dl.
cara perawatan polter : secara berkala lakukan print full color 2-3 kali seminggu agar tidak terjadi pengeringan tinta, bersihkan plotter dari debu yang menempel baik didalam ataupun diluar plotter, selalu kontrol kertas saat proses mencetak, gunakan tinta yang berkualitas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s